Pesantren | Miftahul Huda 2 Ciamis

Sejarah Berdiri

Pondok Pesantren Miftahul Huda II, adalah lembaga pendidikan salafy yang berdiri sejak tanggal 1 November 1976 oleh KH. Umar Nawawi (Alm) dan Hj. Neneng Mudrikah (Almh) dengan sistem kurikulum yang terpadu, pendidikan berasrama serta pengjaran yang berorientasi pada pengamalan secara intensif.

 Pondok Pesantren Miftahul Huda II terletak di Jl. Mulyasari No. 147 Dusun Wetan Desa Bayasari Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Lokasi pesantren sangat strategis karena jauh dari hingar bingar keramaian kota sehingga memudahkan santri untuk konsentrasi menimba ilmu, ditambah dengan susana kampung yang masih sejuk dan belum terkontaminasi polusi udara.

 Dengan didukung oleh lingkungan yang asri, Pondok Pesantren Miftahul Huda II berupaya untuk mencetak manusia yang muttafaqoh fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

 Sebagai jenis pesantren salafy yang semi modern, santri Pondok Pesantren Miftahul Huda II mempunyai pikiran terbuka dan moderat, tanpa menghilangkan unsur peran Islam. Disiplin dan kesederhanaan, diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan.