Cara Untuk Memelihara Tegaknya Alam Dunia

Cara Untuk Memelihara Tegaknya Alam Dunia


Pesantren | Miftahul Huda 2 Ciamis, 

بِسْــــــــمِ اللَّــــــــهِ الرَّحْمَــــــــنِ الرَّحِيــــــــمِ
Kokohnya sebuah bangunan sangat ketergantungan terhadap kuat tidaknya pondasi, salah satu keagungan Allah, Dia yang menciptakan langit dan bumi, kokohnya bumi ini diperkuat oleh gunung-gunung yang menjulang itulah pondasi secara dhohir tetapi bumi ini membutuhkan pondasi secara bathin. Apabila pondasi itu ada maka bumi akan tegak berdiri, apabila pondasi itu tidak ada maka itu tanda-tanda kehancuran.

Rosulullah Saw bersabda :
:قَالَ عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ : قَوَامُ الدُّنْيَا بِأَرْبَعَةٍ :
1).بِعَدْلِ الْاُمرَاءِ
Artinya dunia akan kokoh karena keadilan para pemimpin, pemimpin yang adil akan melahirkan kedamaian, masyarakat yang damai akan hadir subur ekonomi, hadirnya ekonomi yang baik maka hadirlah masyarakat yang sejahtra.
Rosullah Saw pernah bersabda : tanda tanda akhir zaman akan muncul pemimpin yang sudah tidak adil, mereka digambarkan oleh rosul :
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : " سَتَكُونُ عَلَيْكُمْ أَئِمَّةٌ يَمْلِكُونَ أَرْزَاقَكُمْ يُحَدِّثُونَكُمْ فَيَكْذِبُونَكُمْ
Artinya : "Akan hadir ditengah tengah kalian pemimpin yang menguasai seluruh kekayaan negara mereka berjanji kepada kalian dengan janji manisnya dan mereka berbohong atas janjinya".
(HR. Imam Ath-Tobroni dari Abu Salamah)
2).بِعِلْمِ الْعُلَمَاءِ
Artinya dunia akan tegak berdiri atas ilmunya ulama, para ulama yang hatinya khosyah kepada Allah, mereka tidak tertipu dengan jabatan, mereka tidak tertipu dengan kekayaan, mereka tidak tertipu dengan bujuk rayu manisnya pemimpin, melainkan membimbing dan memperingati para pemimpin apabila keluar dari rel agama.
3). بِشَخَاوَةِ الْاَغْنِيَاءِ
Artinya dunia akan kokoh berdiri tegak atas kedermawan para Agnia / orang-orang kaya, karena dengan kekayaan umat muslim apabila mereka terorganisir untuk menyalurkan Zakat dan Shodaqohnya maka akan menghadirkan kesejahtraan.
4.وَبِدُعَاءِ الْفُقَرَاءِ
Artinya dunia akan kokoh tegak berdiri dengan doa-doanya orang fakir.

Riadloh : Malam Senin
Edisi : 7 April 2019
Oleh : KH.Iqbal Syihabuddin


0 Komentar

Tulis Komentar