Keridhoan Allah Menjadi Prioritas Dasar Amal Manusia

Keridhoan Allah Menjadi Prioritas Dasar Amal Manusia


Pesantren | Miftahul Huda 2 Ciamis, 

 

بِسْــــــــمِ اللَّــــــــهِ الرَّحْمَــــــــنِ الرَّحِيــــــــمِ


Yang harus menjadi inti tujuan utama serta ke jalan dalam setiap amal perbuatan kita adalah suksesnya kita mendapatkan ridho Allah, karena dengan ridho Allah lah manusia beriman akan mendapatkan jaminan kebahagian keselamatan dunia sampai akhirat. Sebaliknya jika yang kita kejar adalah setiap amal perbuatan ridhonya manusia, maka hal itu sama saja mengejar sesuatu yang tidak akan pernah kita dapatkan selamanya.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh imam ibnul qoyyim :

رِضَا النَّاسِ غَايَةٌ لَا تُدرَكُ وَرِضَا اللّٰهِ غَايَةٌ لَا تُتْرَكُ فَاتْرُكْ مَالَا يُدْرَكُ وَ ادْرِكْ مَالَا يُتْرَكْ .

"Keridhoan manusia adalah tujuan / cita-cita yang tidak bisa di capai dan keridhoan Allah adalah tujuan / cita-cita yang tidak boleh di tunggalkan, maka tinggalkanlah sesuatu perkara yang tidak bisa di capai dan raihlah sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan".
Ada beberapa dampak yang diakibatkan dari selalu mengharap keridhoan manusia dalam setiap amal.

1).Sibuk dhohir bathin serta cape hati dengan sesuatu yang tidak pernah terwujud.
2).Sedih hati ketika ada yang menghina.
3).Terputus dari melakukan amal kebaikan.
4).Berani melanggar hukum dan aturan-aturan Allah dan rosul-Nya.
5).Mendapatkan titel munafik dari Allah Swt. Sebagaimana Allah firmankan dalam Suroh An-Nissa ayat 142 :

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلَاةِ قَامُوا كُسَالَىٰ يُرَاءُونَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا قَلِيلًا

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali".

Riyadloh : Malam Senin 
Edisi : 17 Maret 2019
Oleh : KH.Nonop Hanafi


0 Komentar

Tulis Komentar