Evaluasi Bulanan Pondok Pesanren Mifahul Huda II

Evaluasi Bulanan Pondok Pesanren Mifahul Huda II


Pesantren | Miftahul Huda 2 Ciamis, 

Sebagai lembaga pendidikan Islam, Pondok Pesantren Miftahul Huda II selalu melaksanakan kegiatan pembinaan yang direncanakan untuk membantu para pengurus, guru, kepala RC dan santri senior dan segala unsur yang ada di Pondok Miftahul Huda II dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien.Maka tepatnya pada malam selasa sekarang tanggal 1 bulan Oktober 2018 yang dipimpin langsung oleh Pimpinan Umum yaitu KH.Agus Malik An-Nawawi , seluruh Unsur kepengurusan melaksanakan kegiatan Rapat Evaluasi bualanan. Metode yang diterap­kan oleh Pondok Pesanren Miftahul Huda II adalah dengan peng­arahan, pelatihan, penugasan, pembiasaan, pengawal­an, uswah hasanah dan pendekatan-pendekatan, baik pendekatan manusiawi dan pendekatan program yang langsung dilakukan oleh Pimpinan Pondok selaku pe­nang­gungjawab kehidupan di Pondok. 
Beberapa bentuk pembinaan dan pengarahan yang dilakukan misalnya adalah pemeriksaan persiapan mengajar, evaluasi mengajar, kontrol koreksian guru, pengarahan terpadu untuk kegiatan sehari-hari serta rapat-rapat koordinasi dan orientasi.
Sebagaimana supevisi yang dilakukan, evaluasi terhadap setiap lini kehidupan di Pondok Miftahul Huda II pun selalu dilaksanakan secara terus menerus dan konsisten. Hal ini bersifat rutin, seperti pengontrolan rutin harian, mulai pagi, siang, sore dan malam. Pendampingan selama 24 jam inilah yang menjadi kelebihan pendidikan pesantren, menjadikan supervisi dan evaluasi selalu dilaksanakan secara harian, mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan. Semuanya tersusun dan terjadwal rapi sebagai salah satu bentuk totalitas pendidikan di Pondok Miftahul Huda II.
Untuk menjaga kualitas supervisi dan evaluasi yang­ prima, Pondok Pesantren Miftahul Huda II menerapkan Total­ Quality­ Control, yaitu pengontrolan kualitas seluruh tata kehidupan di Pondok Miftahul Huda II secara me­nye­luruh, de­ngan sistem kontrol yang ketat, orang yang mengontrol dengan disiplin, serta pelaksanaan kontrol yang sesuai dengan nilai, falsafah dan sistem yang ada di Pondok Pesantren Miftahul Huda II.

Dalam melaksanakan nilai dan sistem dibutuhkan orang-orang yang memahami dan mengerti tentang nilai-nilai dan sistem tersebut dengan baik dan benar.­ Hal ini sangat penting, karena menata kehidupan pon­dok tidak saja terbatas pada hal-hal yang bersifat teknis, tetapi juga menyangkut strategi penanaman nilai, jiwa dan filsafat hidup.

Di Pondok Pesantren Miftahul Huda II , pelaksanaan nilai dan sistem ditangani langsung oleh Pimpinan Umum Pondok Pesantren Miftahul Huda II Beserta dewan Kiayi lainnya yang dibantu oleh pengurus pusat serta Staf Pengasuhan Santri dan kordinator masing-masing. Merekalah yang menjadi penjamin mutu terlaksananya tata kehidupan pondok dengan baik, maka setiap sektor lembaga maupun organisasi, dibuatlah aturan baku terhadap nilai dan sistem yang dimaksud.

Pondok Pesantren Miftahul Huda II sebagai lembaga pendi­dik­an kader umat memiliki standar operasional pelak­sana­an yang terus menerus ditingkatkan, dan yang lebih utama adalah standardisasi kepemimpinan,­ untuk­ seluruh stakeholder di dalamnya yang meliputi pola kepemimpinan, pola kerja, pola sikap, pola pikir dan pola pendidikan dan pengajarannya. Hal ini menjadi sangat penting, karena pola kepemimpinan Pimpinan, dewan kiai, guru, santri senior akan mewarnai sikap dan mental para santrinya, mempengaruhi miliu dan dinamika kehidupan pondok secara menyeluruh. Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda II sebagai figur sentral di Pondok Pesantren Miftahul Huda II yang Bijaksana,aktif dan dinamis untuk mewarnai etos kerja dan militansi santri-santrinya.


0 Komentar

Tulis Komentar